DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN JAYAPURA MELAKUKAN SOSIALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI WILAYAH KANTOR

Sosialisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura (Disdukcapil) memiliki 2 (dua) tugas penting, yaitu pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dan Penyajian Data Kependudukan. Pelayanan administrasi kependudukan meliputi Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pelayanan Pencatatan Sipil. Pelayanan pendaftaran penduduk, antara lain  Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Keterangan Pindah, Biodata Penduduk, dan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Sedangkan pelayanan pencatatan sipil, antara lain Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian, Akta Pengesahan Anak, Akta Pengakuan Anak, Pencatatan Perubahan Status Kewarganegaraan, Surat Keterangan Pembatalan Perkawinan, Surat Keterangan Pembatalan Perceraian, Pencatatan Pengangkatan Anak, Pencatatan Perubahan Nama, Pembetulan Akta Pencatatan Sipil.

Banyaknya jenis pelayanan tersebut, tentunya memiliki persyaratan dan prosedur yang berbeda-beda. Untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan sesuai kebutuhannya, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura setiap harinya melakukan sosialisasi tentang layanan adminduk kepada Masyarakat yang datang ke kantor. Sosialisasi ini dilakukan pada jam 08.00 WIT atau paling awal sebelum loket pelayanan dibuka.

Cakupan kepemilikan dokumen kependudukan yang beum memenuhi target dapat diakibatkan dari kurang pahamnya masyarakat tentang administrasi kependudukan, sehingga penting bagi Disdukcapil untuk selalu memberikan informasi kepada Masyarakat tentang administrasi kependudukan. Selain itu dinamika peraturan perundang-undangan yang berubah-ubah Dimana disesuaikan dengan situasi dan kondisi Masyarakat juga menjadi alasan untuk senantiasa memberikan informasi/sosialisasi kepada Masyarakat agar Masyarakat dapat memahami bagaimana cara memiliki dokumen kependudukan dan pentingnya memiliki dokumen dimaksud.

Sosialisasi yang dilakukan setiap hari di lobby ruang pelayanan, dilakukan pejabat eselon II, III dan IV atau siapa pun pegawai Disdukcapil yang memiliki kompetensi untuk memberikan informasi kepada Masyarakat. Seperti pada gambar, Kepala Seksi Inovasi Pelayanan, Ibu Marwiah Dalanggo sedang melakukan sosialisasi pada Hari Selasa Tanggal 19 Desember 2023.

#SosialisasiAdminduk #DukcapilMenyapaMasyarakat #DMM #DukcapilBISA #DukcapilPRIMAIndonesiaMAJU #GISA #GerakanIndonesiaSadarAdminduk #DukcapilGoDigital #KhenambaiUmbaiReiMai #SatuUtuhCeriaBerkaryaMeraihKejayaan #HapusAirMata #HarusJayapuraSelaluJadiAndalanIndonesiaRakyatMajuSejahtera #banggamelayanibangsa #ASNBerAKHLAK

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *